Selasa, 02 Mei 2017

BENTUK TATA RUANG KANTOR

A. Tata Ruang Tertutup
 
Suatu tata ruang dikatakan terpisah-pisah atau tertutup apabila susunan ruang untuk bekerja terbagi-bagi dalam beberapa bagian.
 
 Keuntungannya:
1. Moral pekerja atau staf tetap terjaga.
2. Pekerjaan yang sifatnya rahasia tetap terjaga.
3. Menghindari gangguan dari pekerja satu ke yang lainnya.
4. Pimpinan akan lebih tenang dalam mengerjakan tugasnya karena tidak terganggu oleh kegiatan para karyawan.
 
 Kelemahannya:
1. Pengawasan lebih sulit dilakukan karena terhalang oleh penyekat.
2. Cahaya sulit masuk dan udara sulit beredar sehingga suasana lebih pengap dan gerah.
3. Apabila diperlukan tukar tempat antara bagian yang satu dengan bagian yang lain sulit dilakukan dan sulit merubah ruangan.
4. Apabila terjadi penambahan pegawai atau alat-alat kantorataupun perubahan mengenai proses penyelesaian suatu pekerjaan agak sulit menampungnya.



B.  Tata Ruang Terbuka
      Dalam susunan ini ruang yang dipergunakan untuk ruang bekerja tidak dipisah-pisahkan atau tidak menggunakan penyekat, tetapi semua aktivitasnya dilaksanakan pada satu ruang besar terbuka sehingga semua yang bekerja tampak mudah diamati dari satu sudut pandang.
     Gambar di atas juga bisa Anda golongkan ke dalam bentuk tata ruang kantor gabungan; karena di dalam gambar terdapat banyak sekali bunga hias, dan di sebelah kanan dinding terbuat dari kaca sehingga memungkin karyawan untuk melihat panorama kota.
Keuntungannya:
1. Pengawasan lebih mudah dan efektif terhadap segenap pegawai.
2  Hubungan antar pegawai cepat dan mudah.
3  Memperlancar arus pekerjaan dari meja satu ke meja yang lain tanpa orangnya harus mondar-mandir meninggalkan tempat kerja.
4. Cahaya mudah masuk dan udara mudah beredar.
5. Mudah merubah ruangan.
6. Perubahan organisasi menyebabkan perubahan tata ruang dapat dilayani dengan cepat dan luwes.
7. Apabila terjadi penambahan pegawai atau alat-alat kantoragak sulit menampungnya, karena ruangan terbatas.
 
 Kelemahannya:
1. Dapat merendahkan moral atau staf. Karena cara hidup yang diawasi terus menerus.
2. Akan mengurangi keamanan bagi pekerjaan rahasia.
3. Pekerja akan kehilangan kepribadian.
4. Apabila ada pekerja yang ngbrol dan bermalas-malas antar teman sekerja dapat menggangu yang lain.
5. Peralatan kantor yang dapat menimbulkan suara gaduh akan menggangu pekerjaan lainnya yang membutuhkan ketenangan.
6. Pimpinan lebih terganggu ketenangan kerjanya, jika dibandingkan dengan ruang tertutup.

  C. Tata ruang kantor berpanorama/bertaman (Land Scaped Offices)

     Adalah ruangan untuk bekerja yang dihiasi oleh taman, dekorsi, dan lainnya. Bentuk ruangan kanntor behias ini mengusahakan agar lingkungan ruangan perkantoran nampak seperti pemanadangan alam terbuka dan benar-benar merupakan lingkungan yang nyaman, menyenangkan, dan ekonomis dalam pemanfaatan ruangan.

  D. Tata ruang kantor gabungan 


      Tata ruang kantor gabungan merupakan gabungan antara tata ruang kantor tertutup, bersekat, terbuka, dan/atau tata ruang kantor berpanorama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar